-->
  • Pengenalan Tentang Storyboard


    PENGERTIAN DAN TUJUAN STORYBOARD

    Pengertin Storyboard
    Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, yang dapat menyampaikan ide cerita kepada orang lain dengan lebih mudah, yang dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita.

    Tujuan Storyboard
    1. Berperan menjadi gambaran dasar dari sebuah produk yang akan dibangun berikutnya, pedoman rancangan dari apa yang akan dibangun (animasi, Film, Game, dll).
    2. Sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting, dan kameramen.
    3. Memungkinkan seorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya.
    4. Sebagai alat untuk mengkomunikasi ide keseluruhan film.
    5. Menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita.
    6. Berperan dalam pewaktuan (timing) pada sequence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan (countinuty) antara elemen-elemen dalam sebuah frame.

    KOMPONEN-KOMPONEN STORYBOARD
    Pada umumnya penulisan storyboard dan storyline sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat :
           Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa.
           Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa.
           Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu).

    KELEMAHAN STORYBOARD DAN SOLUSINYA
                    Kelemahan storyboard adalah ketidakdapatannya untuk menunjukkan gerakan – gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti pemudaran (Blur, disolving).
                    Solusinya yaitu dengan menggunakn tulisan dan gambaran skematis untuk mendeskripsikan apa yang tidak dapat digambarkan. Selain itu juga ada beberapa teknik yang digunakan oleh ilustrator untuk menunjukkan gerakan kamera dan ruang yang lebih lebar. Selain itu,yang perlu juga diperhatikan adalah batas pinggir dari sebuahstoryboard (bingkai\frame). Tujuannya adalah untuk menunjukkan sudut pandang yang dipilih dari keseluruhan ruang.

    PROSES STORYBOARD
    1. Thumbnail
    Tahap paling awal yang di pakai ilustrator yaitu menggambarkan dalam bentuk panel sketsa yang masih sangat sederhana  berisi nomor urut sebagai index dan pergerakan kamera atau  pergerakan karakter yang di beri simbol anak panah.
    2. Rough Pass
    Tahapan revisi Thumbnail dan panel yang di gunakan lebih besar dibanding sebelumnya. Pada tahap ini, storyboard lebih mudah di baca oleh non ilustrator seperti pemain, produser, kameramen, kru pencahayaan dan investor.
    3. CleanUp/Final
    Tahap terakhir yang siap di pakai. Biasanya sudah lengkap dengan narasi, dialog, keterangan sound FX (suara angin/petir).
    4. Aspect Rasio
    adalah sebuah ukuran yang berhubungan dengan lebar dan tinggi sebuah layar (misalnya 1.85 : 1 atau 2.35 : 1) Standard Aspect Rasio TV, Layar Komputer 1.33 : 1 Eropa 1.66 : 1 TV Layar Lebar  1.78 : 1 Amerika 1.85 : 1 Panavision, Cinemascope 2.35 : 1
    Rumus Aspect Rasio x Tinggi = Lebar.

    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan storyboard
    1.    Sketsa atau gambaran layar, halaman atau frame.
    2.     Warna, penempatan dan ukuran grafik, jika perlu.
    3.     Teks asli, jika ditampilkan pada halaman atau layar.
    4.     Warna, ukuran dan tipe font jika ada teks.
    5.     Narasi jika ada.
    6.     Animasi jika ada.
    7.     Video, jika ada.
    8.     Audio, jika ada.
    9.     Interaksi dengan penonton, jika ada.

    STRUKTUR NAVIGASI
    Struktur navigasi adalah urutan alur informasi dari suatu aplikasi multimedia. Dengan menggunakan struktur navigasi yang tepat maka suatu aplikasi multimedia mempunyai suatu pedoman dan arah informasi yang jelas. Dalam pembuatan aplikasi multimedia terdapat empat macam bentuk dasar struktur navigasi yang digunakan, yaitu : Struktur Navigasi Linear, Struktur Navigasi Non Linear, Struktur Navigasi Hierarchi, dan Struktur Navigasi Composite.

    1. Struktur Navigasi Linear
        Merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berurut. Tampilan yang dapat ditampilkan pada struktur jenis ini adalah satu halaman sebelumnya atau satu halaman sesudahnya tidak dapat dua halaman sebelumnya atau dua halaman sesudahnya. Biasanya struktur ini digunakan Multimedia Presentasi karena tidak menuntut keinteraksian tetapi hanya memerlukan keindahan dan kemudahan menampilkan data sebagai informasi.


    2. Struktur Navigasi Non Linear
        Struktur navigasi non linear ( tidak berurut ) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linear. Pada struktur ini diperkenankan membuat navigasi bercabang. Percabangan yang dibuat pada struktur linear ini berbeda dengan percabangan pada struktur hierarki, karena pada percabangan non linear ini walaupun terdapat percabangan, tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama tidak ada master page dan slave page.

    3. Struktur Navigasi Hierarchi
    Struktur navigasi hierarchi ( bercabang ) merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan informasi yang berdasarkan criteria tertentu. Informasi pada halaman utama disebut parent dan informasi pada cabangnya disebut child.

    4. Struktur Navigasi Composite
    Struktur Navigasi Composite ( campuran ) merupakan struktur gabungan dari ketiga struktur sebelumnya. Struktur ini disebut juga struktur navigasi bebas. Kelebihan dengan menggunakan struktur navigasi ini adalah suatu aplikasi mampu memberikan keterkaitan informasinya lebih baik.


    Contoh Template Storyboard



  • You might also like

    2 comments:

    1. mantap informasi nya gan :D

      ReplyDelete
    2. Pengenalan Tentang Storyboard - Belajar Bersama >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengenalan Tentang Storyboard - Belajar Bersama >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengenalan Tentang Storyboard - Belajar Bersama >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK lG

      ReplyDelete

Flickr

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *